8 Khasiat Ajaib Bawang Merah untuk kesehatan Manusia

7:43 PM
Irisan Bawang Merah
Irisan Bawang Merah
Seperti yang sudah diketahui semua orang ya sob, bahwasanya sayuran itu menyehatkan, akan tetapi beda sayuran beda pula manfaat yang di bawa nya untuk tubuh manusia.

Kali ini kita akan ngebahas manfaat yang dihasilkan oleh bawang merah terhadap tubuh manusia, jika sobat mengkonsumsi sayuran yang satu ini.
Bawang merah secara luas digunakan pada hampir semua masakan di Indonesia, mulai dari di santap langsung seperti acar hingga di jadikan bumbu dengan cara di ulek atau di blender, hingga di jadikan irisan bawang goreng yang nikmat.... hadeuh jadi lapar kalau ingat sate kambing yang di taburi bawang goreng.

Bawang merah yang memiliki aroma unik ini sangat kaya dengan vitamin, mineral dan berbagai zat yang dapat menyehatkan tubuh manusia. Efek obat pada bawang putih telah diketahui dari dahulu kala yang dapat diketahui dari berbagai literatur pengobatan jaman kerajaan yang menggunakan bawang merah untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, sakit jantung dan juga sariawan.

Mari sob kita bahas 1 persatu 9 manfaat utama bawang merah untuk kesehatan.

1. Kaya dengan Nutrisi.
Bawang merah ini sangat kaya dengan nutrisi, malah terbilang sangat padat dengan nutrisi yang artinya rendah di kalori tapi kaya akan vitamin dan mineral. kalori yang dimiliki 1 siung bawng merah mungkin hanya 40-44 kalori saja.
Bawang Merah
Bawang Merah
Bawang putih sangat kaya akan vitamin C,  seperti sudah diketahui vitamin C erat hubungan nya dengan kesehatan tubuh manusia terutama daya tahan tubuh, kesehatan kulit karena berteman baik dengan produsen kolagen, perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan dan juga membantu penyerapan zat besi. Selain itu vitamin C juga berguna sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain vitamin C, bawang merah juga kaya akan vitamin B termasukfolate (B90 dan pyriodoxine (B6) yang memiliki peranan penting dalam mengatur metabolisme, produksi sel darah merah dan fungsi syaraf.

Selain mineral tersebut bawang merah juga memiliki kandungan Kalium yang memadai, banyak orang yang mengalami kekurangan mineral yang satu ini.


2. Kesehatan Jantung.
Bawang merah mengandung banyak sekali antioksidan yang mencegah dan mengobati radang, dan juga mengurangi kolesterol di tubuh sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan juga mencegah darah tinggi.

Kandungan Quercetin yang tinggi di bawang merah dapat mengurangi faktor resiko penyakit jantung seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol. Hal ini diperkuat oleh hasil sebuah studi kasus yang menyatakan setiap orang dewasa yang menerima dosis 162 mg quercetin dari bawang merah akan menstabilkan tekanan darah sebanyak 3-6 mmHg.

3. Kaya dengan Antioksidan

Bawang merah sangatlah kaya akan antioksidan, terdapat lebih dari 25 macam antioksidan yang terdapat pada bawang merah. Salah satunya adalah anthocyanins yang menyebabkan warna merah pada bawang merah, banyak hasil studi kasus yang menyatakan kandungan anthocyanins dapat mengurangi resiko serangan jantung.

4. Kaya Kandungan Anti Kanker
Mengkonsumsi sayuran dari genus Allium seperti bawang putih dan bawang merah terbukti dapat mengurangi resiko terkena kanker. Studi kasus menunjukkan  13,333 orang yang mengkonsumsi bawang merah memiliki peluang tidak terkena kanker lebih besar 15% dibanding orang yang mengkonsumsi paling sedikit.

Kehadiran anti kanker pada dikarenakan kehadiran unsur sulfur dan antioksidan flavonoids yang ditemukan di allium pada sayuran. Pada bawang merah ditemukan unsur onion A, sebuah senyawa sulfur yang menunjukkan pengurangan pada pertumbuhan kanker rahim dan kanker paru-paru pada beberapa studi kasus

5. Mengatur Gula Darah
Dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur maka kadar gula dalam darah akan teratur, hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dengan peserta sebanyak 42 orang yang mengkonsumsi secara rutin 100 gram bawang merah segar mengalami penurunan kadar gula darah sampai 40 mg/dl setelah beberapa jam saja. Hal ini dikarenakan adanya senyawa quercetin dan senyawa sulfur yang memiliki efek anti diabetes.
Bawang Merah
Bawang Merah
6. Menguatkan Tulang
Pasti sering lihat iklan di TV yang mengatakan pentingnya susu untuk kekuatan tulang, pada realitanya susu bukan lah satu-satunya yang dapat menguatkan tulang, banyak makanan lain yang dapat menguatkan tulang dan bawang merah adalah salah satunya.

Pada studi kasus yang melibatkan beberapa wanita yang sudha menopause menunjukkan orang yang mengkonsumsi bawang merah secara rutin memiliki masa tulang yang lebih padat 5% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi nya.

7. Antibakteri
Bawang merah dapat digunakan untuk melawan bakteri jahat seperti Escherichia Coli (E. Coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus (S. aereus) dan Bacillus cereus. Bahkan penelitian lebih lanjut menunjukkan ekstrak bawang merah dapat digunakan untuk mempercepat perkembang biakan bakteri Vibrio cholerae, bakteri yang memegang peranan penting dalam kesehatan publik.

8. Menyehatkan Pencernaan
Bawang Merah kaya akan serat dan prebiotics yang sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan. Bakteri pencernaan mengkonsumsi prebiotics yang menghasilkan asam lemak rantai pendek seperti acetate, propionate dan buyrate. Hasil penelitian menunjukkan lemak tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, daya tahan dan mengurangi peradangan.


0 comments